Posted by : Alamin Rayyiis Senin, 16 Februari 2015


Daripada dibuang sayang, lika-liku dalam pengajuan judul, separah apapun coretan tetep go.blog... :D
_____________________________________________

Bahan opsional pengajuan judul Tesis:

  1. انتخاب رئيس الدولة فى مفهوم الإسلام
Pemilihan Kepala Negara Dalam Perpektif Islam

Dalam dunia pemerintahan dengan asas apapun, seorang pemimpin mutlak dibutuhkan. Monarkhi, teokrasi, demokrasi semuanya melibatkan seorang pemimpin, dalam skala pusat ataupun daerah.

Perlu dipetakan komunitas atau daerah berdasarkan pemeluk agama; muslim – dzimmy, dan atau dalam dunia modern muslim – kristen – hindhu dll. Setelah itu dilanjutkan dengan sejarah dunia islam klasik dalam menentukan daerah yang dihuni dengan mayoritas non-muslim. Secara hukum apakah sah kumunitas muslim dipimpin oleh non-muslim dan sebaliknya,  apakah sah komunitas non-muslim dipimpin oleh seorang muslim? Lebih dari itu, patut dipertimbangkan dasar-dasar psikologis fenomena kepemimpinan lintas agama.

Apakah ada perbedaan anggota syura atau dpr/mpr dengan pemimpin presiden, gubernur, bupati, mengingat keduanya secara fungsi mempunyai perbedaan. Pemimpin sebagai pemegang keputusan sedangkan anggota syuro sebagai dewan pertimbangan. Hanya saja, polemik selanjutnya adalah, ambiguitas atau ketidakjelasan peran presiden yang terlihat luntur dalam mengambil peran.

Yang juga patut untuk dipertimbangkan adalah khazanah Islam tentang khilafah Islamiyah, beberapa kelompok mencoba untuk merealisasikannya secara dinamis dengan mengikuti alur dinamika masyarakat, sebagian lainnya merealisasikan dengan merujuk metode-metode klasik secara an sich, bahkan sebagian lainnya menganggap kekhilafahan merupakan hal yang tidak perlu lagi diperbincangkan. 

  1. مفهوم العبد فى الإسلام: قضايا شرعية اجتماعية
Perbudakan Dalam Perspektif Islam; Dimensi Syari’at dan Sosial.

Perbudakan di zaman dahulu merupakan fenomena sosial yang tak terelakan. dari berbagai agama, budaya dan sejarah peradaban, semuanya tidak terlepas dari peran dan interaksi dengan budak/perbudakan. Unsur-unsur dalam perbudakan seperti, jual-beli, kepemilikan, status sosial dan lain sebagainya adalah pembahasan yang tidak lekang oleh berbagai institusi kemasyarakatan, dulu dan sekarang.

Islam sebagai agama yang turun di tengah-tengah fenomena masyarakat yang tidak lepas dari perbudakan tentunya mempunyai peran tersendiri dalam problem tersebut. Islam sebagai agama yang mempunyai atribut komprehensif/syamil, universal/sholih likulli zaman wa makan dan integral/mutakamil mempunyai beberapa cara pendekatan, yaitu dimensi syari’at atau fikih maupun dimensi sosial yang lebih bertumpu pada mashalih mursalah.

Fenomena sosial yang sempat muncul terkait dengan tema di atas adalah maraknya diskriminisasi terhadap orang-orang yang mempunyai profesi sebagai pembantu, dimana ruang lingkup dalam profesi ini mempunyai beberapa kesamaan dimensi dengan budak, hal ini bila dilihat dari bagaimana orang-orang yang memiliki pembantu memberikan perilaku yang tidak mengenakkan kepada mereka. Adanya praktek pengurangan hak-hak mereka sebagai manusia merdeka al-insân al-hurr, yaitu dengan berbagai macam penyiksaan fisik maupun psikis, tidak dipenuhinya kebutuhan-kebutuhan dasar kehidupan seperti tidak layak makan, tidak diberi tunjangan dan lain sebagainya.

Padahal Islam sudah mempunyai wacana final tentang budak, pembantu atau profesi-profesi yang sejenisnya. Islam sudah mempunyai hukum-hukum fikih yang terkait dengan itu semua, tentunya kesemua itu tetap mempertimbangkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan yang oleh agama Islam juga merupakan sumber pertimbangan dalam memutuskan suatu perkara.

3.       Implementasi syari’ah lintas negara/ kaum minoritas – Siyasah Syar’iyaah/Ahwal Syakhshiyah
4.      Tarjihat Imam Shobuni fi Tafsir Ayatil Ahkam – Tafsir (Akidah dan Fikih)
5.       Ulil Amri Dalam Dunia Pemerintahan Modern – (Siyasah Syariyyah)

6.      Dimensi Akidah dan Syariah Dalam Politik – (Siyasah Syariyyah)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Profil Saya

Foto saya
Pure soul since 181088. Detail | Knowledge | Touring | Possesif | Humble | Intuitif | Emotional -||- ITTC | al-Azhar | Islamic Party | as-Syafi'i | al-Asy'ari

Blog Archive

- Copyright © Amin Rois -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -