Posted by : Alamin Rayyiis Rabu, 22 Januari 2014


# Tulisan merupakan transkip langsung (baca: bebas dan kasar) dari para pembicara di acara “Seminar Akbar; Menyongsong Kebangkitan Islam (Tahun 2020?)". Acara berlangsung di Auditorium UNS pada hari Ahad 19 Januari 2014. Keynote Speaker; Ust. Muinudinillah. Narasumber; Ust. Budi Ashari (PJ acara Khalifah dan konsultan acara Khazanah di TransTV) dan Ust. Adian Husaini.

Diawali dengan orasi singkat oleh dr. Hisyam dari Mesir yang menyampaikannya dengan bahasa arab serta diterjemahkan langsung oleh seorang ustadz. Sambutan dari MUI Surakarta oleh Ust. Dahlan. Kmudian acara dilanjutkan dengan tilawah al-Quran oleh ananda Mu’allim Yahya yang membaca ayat la yattakhidzil mu’minuunal kafiriina auliyaa..... tidak seperti biasa, karena setelah ia membacakan aat suci al-Quran yang bersangkutan memberikan sediit tausiyah dan irsyadat tentang hadits rasul yang bersangkutan dengan perpecahan umat Islam serta perintah untuk selalu berpegang teguh dengan al-Quran dan Sunnah.

Berdiri sebagai keynote speaker adalah Dr. Muniudinilah, beberapa poin penting yang isampaikan antara lain adalah; Tidaklah rasululah wafat kecuali setelah meninggalkan agama islam dengan sempurna, engamakan dan mengajarkannya kepada umat islam. Pesan terakhir rasululah adalah haji wada’ bersama kuranglebih 100.000 sahabat anshar dan muhajirin. Sejarah gmilan abu bakar mengembalikan murtad masal di negeri arab, umar bin khatahab yang mengembalikan al-quds. Tak henti-hentinya sekolompok dari umatkku yang selalu di atas kebenaran, tidak dibahayakan oleh orang-orang yang ingin memberikanmudhorotnya, mereka akan selalu menang. Mereka adalah thaifah jama’ah; ma wafaqal haqqa wa in kaana wahdah; ma kaana alaihi ana wa ashabi. Sawadul a’dham bermakna ijma’ para sahabat. Kebangkitan islam setelah ketrpurukan adalah sebuah keniscayaan. Kebangkitan islam adalah harus, bagaimana tidak, puluhan ayat quran memberikan kabar gembira tentang ketinggian dan ketinggian dalam agama islam, khilafah fil ardh, aitu dengan syarat keikhlasan.

Kebangkitan harus bersyarat, keyakinan untuk bangkit, paham terhadap kebangkitan itu sendiri, pemahaman terhadap al-quran dan sunah. Sifat yang diberikan kepada ibrahim as, haniifan musliman wa lam yaku minal musyrikin. Ingatlah janji-janji Allah bahwa allah akan mewariskan kedudukan di muka bumi ini, sebagaimana allah memberikan kedudukan seblum mereka, serta allah memberikan ridhonya kepada agama kita serta menggantikan ketakutan kita dengan rasa aman. Salah satu faktor penghambat kebangkitan adalah aliran-aliran sesat. Akan menghancurkan islam satu tali demi tali seseorang yang tidak mengetahui masa jahiliyah, atau mereka yang tidak mempelajari masa jahiliyah akan terkejut dengan pola kehidupan yang sama yang berulang di zaman ini.

Ust.Budi Ashari sebagainara sumber pertama. Abdul Halim Uwais beliau intens dengan buku2 kejatuhan atau kebangkitan sebuah negeri islam. 30 daulah islam yang jatuh apa sebabnya dan semuanya mempunyai kesamaan atau benang merah atau faktor yang sama. Diantaranya adalah rusaknya akidah umat.  Mari kita ingat bagaimana baghdad runtuh, Muayyadudin Ibnu Alqami menjadi perdana menteri daulah abbasiyah. Dia adalah think tank bagaimana bangsa mongol menyerbu daulah abbasiyah. Turki utsmani jatuh tidak jauh karena pemahaman salah sufi yang tidak malu kalau kaum muslim meninggalkan jihad, dengan kata-kata melenakan melawan hawa nafsu adalh jihad terbesar dan lain sebagainya. Khawarij juga menyumbang peran pesar dalam kemunduran umat Islam, gampang mengkafirkan umat lain dan menghalalkan darah mereka.

Granada masih bertahan 250  sekalipun kota-kota lain sudah dikuasai oleh pasukan fernando-isabela, kekalahan kota tersebut bukan karena serbuan dari segala penjuru tapi karena pengkhianatan. Abul Qasim sebagai orang yang bertanggungjawab ketika menyerahkan Granada kepada Fernando. Kisah umar yang menangis ketika hasil rampasan persia ditumpuk diexpokan di halaman masjid nabawi.

Faktor lain yang menyebabkan andalus runtuh adalah ulama yang tidak berbuat, para ahli ilmu tidak memainkan perannya yang sangat sifnifikan seorang faqih andalus lah yang menjual andalus ke tangan orang kafir. Abdul Walid al-Baji, Ibnu abdil bar, Ibnu hazm dibantu oleh Yusuf bin Tasyifin adalah salah satu pembangkit andalus di era ke-2, Ibnu Hazm mengatakan; cara kita melepaskan fitnah dari andalus adalah menahan lisan kecuali satu hal, amar ma’ruf dan nahi munkar. Di sisi terpisah yang menjadi faktor keruntuhan adalah digantinya jihad dengan hiburan.

Dr. adian husaini, ma. Sebagai narasumber ke-2. Sebagai muslim kita tidak boleh kalah dengan orang kafir di dunia bila orang kafir masih menguasai sosial, ekonomi, politik dan lainnya maka kita dosa. Akan tetapi setelah kita menguasai dunia kita harus jauhkan wahn dari hidup kita. Syaikh abdul qadir jaelani atau imam ghazali beliau adalah orang yang teguh dalam mujahadah nafsiyah tai juga menggerakkan jihad fi sabilillah. Adi pati yunus; raja demak memimpin ekspedisi perang ke malaka, sayang sekali banyak para peserta didik kita tidak tahu sosok orang-orang atau ulama yang getol melawan penjajah, kristenisasi dan lainnya. Guyonan Adian Husaini; suami HTI istri salafi, suami MTA istri NU dll.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Profil Saya

Foto saya
Pure soul since 181088. Detail | Knowledge | Touring | Possesif | Humble | Intuitif | Emotional -||- ITTC | al-Azhar | Islamic Party | as-Syafi'i | al-Asy'ari

Blog Archive

- Copyright © Amin Rois -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -