Posted by : Alamin Rayyiis Rabu, 09 Oktober 2013

Dari dulu aku tertarik degan bagaimana seseorang itu berproses. Salah satu caranya adalah menulis semi-biografi orang tersebut, secara tidak langsung aku merekam jejak kehidupan mereka, sekalipum tidak sedetail bku biografi yang ada pada umumnya tapi, rasanya penting ketika aku tahu bahwa seseorang, entah itu temanku, guruku atau muridku berevolusi, tumbuh dan berubah, semoga perubahan menuju kebaikan.

Biasanya kita terkesima dengan nilai-nilai positif atau capaian seseorang, hal demikian adalah sesuatu ketertarikan yang wajar ada pepatah arab yang berbunyi; janganlah kamu heran dengan seorang pecundang yang terperosok, tapi perhatikanlah bagaimana orang sukses itu mengapai kesuksesannya. Ya, mungkin aku hanya merekam jejak kebaikan beberapa orang sebagai ibrah bagi sesama, sedangkan keburukan seseorang mungkin cukuplah kita simpan tnapa harus kita umbar, toh keburukan hasil akhirnya adalah kehancuran.

Proses adalah proses. Ia adalah sejarah, perubahan, masa dan usaha. Proses bukanlah hasil. Seorang bayi saat ia dilahirkan maka dia akan berproses untuk bisa benar-benar berjalan atau bahkan berlari, dia akan mengawalinya dengan tengkurup, bergeser,  merangkak, berdiri, berjalan jatuh, berjalan 3 langkah, hingga akhirnya ia berjalan dengan tidak imbang. Sekarang ia berlari dan bahkan menendang. Menendang lemah, menendang kuat tanpa arah, menendan kuat dengan arah, atau menendang lengkung pisang ala David Bekham. Proses berlaku pada siapa saja, pada semua sisi kehidupan manusia.

Yang paling indah dalam proses kehidupan adalah metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu. Bagiku memegang ulat dengan segala jenisnya lebih jijik dan menakutkan daripada memegang ular. Tapi sekenario Allah memang tiada tanding, hewan yang menjijikan, gatal dan bahkan menjadi hama tanaman ia ditakdirkan untuk bermeditasi menjadi kepompong, dalam bahasa religinya mungkin ia bertaubat dari kesalahannya membuat jijik manusia, memakan dedaunan atau membuat gatal kulit kita, setelah itu keluarlah sang kupu-kupu dari ruang semedinya, sanctuary. Dia menjelma menjadi hewan lembut dengan sayap berwarna-warni, ia terukir dengan ornamen-ornamen indah, simetris. Tidak hanya itu keberadaannya ditunggu oleh pepohonan yang sudah berbunga, ia ditunggu untuk akad perkawinan antara benang sari dan serbuk sari.

Berbeda dengan hewan, manusia membutuhkan proses berevolusi yang lebih kompleks. Karena manusia harus banyak melalui gerbang-gerbang yang berjenjang, proses kedewasaan dan perasaannya, proses nalar dan pikirnya, proses jasmaninya dll. Dan aku lebih kagum dengan mengetahui proses seseorang daripada sekedar melihat hasil akhirnya. Aku ingin tahu kapan seseorang itu berkeringat, menangis, terjatuh hingga akhirnya ia bangkit lagi. Aku ingin tahu bagaimana seseorang merespon penolakan proposalnya ketika hendak melamar kerja, bagaimana seorang pengusaha tidak bisa memasarkan produknya, petani yang sawahnya kering dilanda kemarau panjang atau bahkan seorang pegawai kantoran yang lebih memilih berkeringat di jalanan.

Aku ingin mengingat seorang teman di organisasi perpustakaan, pertama kali bergabung dia masih sering memainkan balon saat perkumpulan, terlihat kekanak-kanakan memang, tapi seiring berjalan waktu ia berubah menjadi orang yang perilakunya lebih dipertimbangkan, tidak hanya itu, ia pun melampui teman-temannya dalam hal pernikahan. Aku ingin tahu apa perimbangan seorang teman yang dengan yakinnya menolak beberapa rekrutmen perusahaan, atau juga menolak 3 kesempatan saat proposal permintaan kerja ia layangkan. Banyak dari orang-orang di sekeliling kita sebenarnya sedang menunjukan proses mereka.


Bahkan, atas nama proses dan usaha aku pun agak menyangsikan ilmu laduni yang kata banyak orang merupakan pemberian yang tiba-tiba saja, tanpa ada proses. Bagiku ilmu laduni adalah pemberian yang dengan proses, dengan usaha, ikhtiar, tirakat dan riyadhoh jiwa.

{ 1 comments... read them below or add one }

Profil Saya

Foto saya
Pure soul since 181088. Detail | Knowledge | Touring | Possesif | Humble | Intuitif | Emotional -||- ITTC | al-Azhar | Islamic Party | as-Syafi'i | al-Asy'ari

Blog Archive

- Copyright © Amin Rois -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -